Olahraga Ringan Kurangi Kecanduan Rokok

Olahraga Ringan Kurangi Kecanduan Rokok


Gizi.net - Menghilangkan kebiasaan merokok memang tak mudah. Untuk mengatasinya para pecandu rokok disarankan untuk melakukan olahraga jalan kaki setiap hari minimal lima menit.

Berdasarkan hasil studi terkini yang dipublikasikan dalam journal Addiction, olahraga ringan seperti jalan kaki mampu menurunkan kadar keinginan merokok.

Penelitian yang dilakukan Dr.Adrian Taylor dan timnya ini berupa analisa 12 makalah untuk mencari kaitan antara olahraga dan pengurangan nikotin. Mereka memfokuskan penelitian pada jenis olahraga yang bisa dilakukan di luar pusat kebugaran, seperti berjalan kaki dan peregangan otot-otot. Hasilnya, lima menit olahraga ringan sudah cukup untuk membantu perokok menghilangkan keinginannya menghisap nikotin.

Setelah itu tim peneliti meminta relawan yang telah melakukan program olahraga ini. Mereka yang melakukan olahraga dilaporkan frekuensi merokoknya berkurang.

"Pengaruh olahraga memang luar biasa. Tetapi yang belum kita tahu apakah efek ini bisa bertahan lama. Untuk berhenti total diperlukan kombinasi antara olahraga dan teknik anti rokok lainnya," kata Dr.Robert West, ahli psikologi kesehatan dari Universitas College London.

Menurut para ahli, apapun yang bisa mengalihkan perhatian orang dari rokok akan membantu mengurangi keinginan mengisap tembakau, tetapi olahraga sejak lama sudah dicurigai memiliki dampak yang lebih manjur. Menurut teori Adrian Tailor, ketua peneliti, olahraga akan membuat tubuh memproduksi hormon dopamine yang akan mengurangi ketergantungan perokok terhadap nikotin.

Meski hasil penelitian ini masih membutuhkan riset lanjutan, namun tak ada salahnya mencoba saran para ahli tersebut. Jadi jika hasrat untuk merokok tak tertahankan, cobalah lakukan gerakan olahraga ringan.


Sumber: AP
Penulis: An
Share on Google Plus

About Rama

    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments:

Anonymous said...

wah aku gak pernah olahraga nih adanya...aku merokok trus...

heeee...

nice bro'

LAJUI DAFTAR ARUHBLOGGER

keretanya masih muat nah... :D

Rama said...

Heheheeee^^,,,, !!!!
Iyapz,,,, !!!
Tunggu aza yah^^,,,, !!!!
Lage di keren"in neh Blog^^,,, !!!

_Fuzzy said...

sp niy?

Rama said...

^^,,,, !!!! Masa ga tau urang paling gagah di Himakom,,,, ^^ !!!!